• 3 Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Mata Gatal dan Berair

    3 Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Mata Gatal dan Berair

    Air mata diproduksi untuk melembabkan mata dan membersihkan benda asing dari permukaannya. Namun, jika mata terus-terusan berair disertai gatal hingga mengganggu aktivitas, maka harus segera diatasi. Di bawah ini adalah cara ampuh mengatasi penyakit mata gatal dan berair.

    1. Tetes Mata

    Salah satu penyebab mata gatal dan berair adalah mata kering, alergi, dan terpapar bakteri/virus. Ada penyakit mata gatal dan berair yang berbahaya seperti kemungkinan tumor dan sinusitis kronis, namun ada pula yang kurang berbahaya seperti kunjungtivitis.

    Contoh konjungtivitis misalnya mata gatal dan berair akibat penggunaan lensa kontak yang kurang bersih, paparan kosmetik, asap rokok, maupun kaporit saat renang.

    Cara mengobati penyakit mata gatal dan berair secara alami bisa menggunakan susu, teh hijau, dan air daun sirih rebus. Obat mata yang dijual dipasaran harus digunakan sesuai dosis anjuran dokter agar tidak ada efek samping.

    1. Kompres Mata

    Selain tetes mata, kompres mataampuh untuk mengatasi mata gatal dan berair akibat alergi. Rasa gatal bisa dikurangi dengan menempelkan kompres pada mata dengan kain lembut yang diperas setelah dicelupkan ke air dingin selama 20 menit. Agar hasilnya optimal, cara ini sebaiknya dilakukan sambil tidur.

    1. Minum Obat

    Meskipun efeknya tidak dirasakan secara langsung, konsumsi obat anti-histamin bisa dicoba. Beberapa di antaranya adalah loratadine, fexofenadine, dan benadryl.

    1. Mencuci Tangan dan Tidak menggosok mata

    Mengurangi atau menghindari hal-hal yang menimbulkan alergi merupakan cara yang ampuh agar penyakit mata merah dan gatal tidak muncul lagi. Beberapa orang matanya sangat sensitif sehingga debu, bulu binatang, maupun serbuk sari bisa membuat mata gatal dan berair.

    Hindari menggosok mata karena justru merangsangnya untuk memproduksi histamin dan menyebabkan rasa gatal semakin parah. Usahakan menjaga kebersihan dengan mencuci tangan secara rutin sehingga kotoran pada tangan tidak mengontaminasi mata.

    Jika keluhan mata gatal dan berair tak kunjung sembuh, maka sebaiknya periksakan mata anda ke Rumah Sakit Mata SMEC. Pasien BPJS Kesehatan yang ingin memeriksa kesehatan matanya akan ditangan oleh tim dokter mata SMEC Medan, bahkan jika pasien tersebut harus di operasi. Bagi Anda yang tinggal di luar Medan, SMEC juga tersebar di kota-kota di Indonesia. Cari Rumah Sakit Mata SMEC terdekat di sini.

    Baca Juga :

    Alur BPJS Kesehatan Operasi Mata
    Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi Komputer
    3 Penyakit Mata Pada Anak dan Cara Mengatasinya
    5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Ibu Hamil
    Penyebab Penyakit Mata Katarak

    Leave a reply →
  • Posted by Umi resnani on 14 April 2018, 04:11

    Mata saya suka gatal Dan berair sampai tak tertahankan saya kucek nanti bagian yg putih bengkak sampai saya susah membuka Mata harus diberi air dulu baru bisa dibuka, setelah itu air mata g berhenti keluar setelah bagian Mata yg berwarna putih normal air mata baru Akan berkurang, penyakit Mata apakah yg saya cerita, ini terjadi jika saya berasa Di Jakarta sewaktu saya kerja sebagainya tkw dihongkong tidak pernah Kumat setelah saya kejakarta baru Akan Ada masa dia kumat, atas perhatian Dan jawaban nya saya ucap Kan terima kasih

    Reply →
    • Posted by admin on 1 Agustus 2018, 09:05
      in reply to Umi resnani

      selamat pagi

      Sebagai balasan untuk Alzura benk benk.
      selamat pagi

      kemungkinan mata Anda iritasi, silahkan cek ke dokter

      info lebih silahkan hub
      +62 823 6573 4450
      +62 852 9738 3240

      Reply →
  • Posted by Alzura benk benk on 8 Juni 2018, 15:46

    Mats say a merasa seperti agak mengganjal Dan kadang gatal Dan berair apakah ini penyebab dari radiasi dok apakah obat nya

    Reply →
    • Posted by admin on 1 Agustus 2018, 09:03
      in reply to Alzura benk benk

      selamat pagi

      kemungkinan mata Anda iritasi, silahkan cek ke dokter

      info lebih silahkan hub
      +62 823 6573 4450
      +62 852 9738 3240

      Reply →

Leave a reply

Cancel reply