• 3 Penyakit Mata Pada Anak dan Cara Mengatasinya

    3 Penyakit Mata Pada Anak dan Cara Mengatasinya

    #1 Mata Merah
    Mata merah pada anak umumnya disebabkan oleh iritasi, sakit, dan radang. Iritasi ini biasanya berupa masuknya benda asing ke mata seperti busa sabun, polusi, debu, bulu hewan, atau terpapar zat kimia seperti kaporit di kolam renang. Mata merah juga bisa muncul saat anak sakit flu dan batuk, 3 Penyakit Mata pada Anak dan cara mengatasinya.

    Penyakit mata merah yang disebabkan radang ada yang menular dan tidak. Jika penyebabnya virus, maka cara mengatasi mata merah dapat dilakukan dengan membasuh mata anak dengan ASI perah atau mengusapkan air hangat dengan kain lembut. Mata merah yang disebabkan bakteri hingga mengeluarkan nanah perlu antibiotik tetes maupun salep dari dokter.

    #2 Mata Belekan
    Belek muncul karena adanya kotoran menumpuk pada mata. Gejala mata belekan umumnya disertai dengan gejala mata merah seperti sakit dan iritasi. Cara mengatasi mata belekan akibat flu ialah dengan memijat lembut pangkal hidung anak.

    Mengusap mata belekan dengan kain lembut dan air hangat juga cukup membantu. Namun, jika belekan terjadi terus menerus, maka konsultasikan ke dokter sebelum memberikan obat tetes yang beredar di pasaran. Beberapa obat tetes mata terlalu keras untuk anak di bawah 2 tahun sehingga sebaiknya diberikan dengan anjuran dokter.

    #3 Mata Malas
    Mata malas (amblyopia) termasuk penyakit mata yang gejalanya baru bisa diketahui sejak anak berumur 4 tahun. Cirinya yaitu pergerakan mata tidak selaras, juling sebelah, dan pandangan sayu. Mata malas disebabkan sakit keturunan, rabun, dan katarak yang mengakibatkan sinyal visual ke otak tidak selaras antara mata kanan dan kiri. Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan kacamata, penutup mata pada mata normal, obat tetes mata, dan operasi.

    Jika anak anda mengalami gejala di atas, maka sebaiknya konsultasikan penyakit mata anak kepada ahlinya. Rumah sakit mata SMEC dapat membantu Anda dan keluarga menjaga kesehatan mata. Rumah Sakit SMEC didukung dokter mata terbaik di Medan, melayani operasi mata dengan fasilitas dan peralatan terbaik, dan melayani pasien BPJS Kesehatan. Tidak perlu kuatir jika Anda tidak berdomisili di Medan sebab Anda bisa datang ke cabang Rumah Sakit SMEC di kota Anda.

    Rumah Sakit Mata SMEC berkomitmen agar pelayanannya terjangkau semua lapisan masyarakat. Ditambah lagi, semua cabang Rumah Sakit Mata SMEC dapat menerima pasien BPJS, Baca Panduan Alur BPJS Kesehatan Operasi Mata.. Dengan Rumah Sakit Mata SMEC, Anda dapat memperoleh pelayanan kesehatan mata prima dan terjangkau.

    Baca Juga :
    5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Ibu Hamil

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply