• 3 Penyakit Mata yang Paling Sering Diderita Manusia

    3 Penyakit Mata yang Paling Sering Diderita Manusia

    Berkurangnya daya penglihatan mata dapat terjadi pada umur berapa saja. Hal ini disebabkan bukan hanya karena faktor umur, namun juga berbagai gangguan atau penyakit mata yang menyerang kita. Penting bagi kita untuk mengetahui penyakit-penyakit mata beserta penyebabnya. Oleh karena itu, berikut daftar 3 penyakit mata yang paling sering dijumpai.

    1. Katarak

    Katarak ditandai dengan adanya kekeruhan pada lensa mata. Katarak umumnya terjadi pada orang tua dengan umur di atas 50 tahun. Meskipun demikian, katarak dapat terjadi di umur berapa pun.

    Katarak dapat disebabkan oleh trauma atau cedera fisik pada mata. Selain itu, denaturasi protein pada lensa mata dapat menyebabkan cairan dalam lensa mata menjadi keruh. Paparan terhadap sinar ultraviolet dalam waktu lama memperbesar risiko terjadinya katarak.

    1. Keratokonus

    Keratokonus merupakan suatu penyakit mata progresif yang ditandai dengan terbentuknya benjolan pada kornea mata sehingga bentuk kornea menjadi seperti kerucut. Gejala keratokonus terjadi secara perlahan dengan semakin lama semakin memburuk bila tidak ditangani.

    Keratokonus tidak memiliki penyebab yang jelas. Akan tetapi, beberapa faktor dicurigai sebagai penyebabnyaseperti faktor genetik, kerusakan kolagen mata, serta alergi.

    1. Glaukoma

    Glaukoma merupakan penyakit mata yang ditandai dengan rusaknya saraf optik dan sering dikaitkan dengan peningkatan tekanan bola mata. Pada kondisi awal, glaukoma hampir tidak menunjukkan gejala namun semakin lama akan semakin parah gejala yang dialami penderita.

    Penyebab utama glaukoma adalah peningkatan tekanan bola mata akibat terhambat saluran cairan mata. Selain itu, penyakit seperti diabetes melitus dan hipertensi dapat menyebabkan glaukoma.

    Penyakit mata di atas pada umumnya dapat disembuhkan melalui metode invasif seperti bedah laser. Bila Anda memerlukan perawatan terhadap penyakit mata di atas, segeralah datang ke Rumah Sakit Khusus Mata SMEC. Rumah Sakit SMEC telah dilengkapi dengan teknologi-teknologi perawatan mata terkini dan dokter-dokter spesialis mata profesional.

    Rumah Sakit SMEC telah memiliki cabang di kota-kota besar di Indonesia antara lain di Medan, Jakarta, Samarinda, dan Malang. Rumah Sakit SMEC juga dapat menerima pasien BPJS pada setiap cabangnya. Dengan demikian, pasien dapat mengeluarkan dana yang lebih hemat namun tetap mendapat pelayanan profesional dari dokternya.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply