• 4 Penyakit Mata Orang Tua dan Cara Mencegahnya

    4 Penyakit Mata Orang Tua dan Cara Mencegahnya

    Pertambahan usia kerap kali memengaruhi kinerja sel-sel di dalam tubuh. Hal tersebut memicu munculnya beragam penyakit karena fungsi organ mulai melemah. Gejala ini sangat wajar; setiap orang pasti mengalami proses penuaan.

    Penyakit mata merupakan salah satu gangguan kesehatanpada orang tua. Pandangan menjadi tidak jelas, bahkan nyaris buta. Mungkin, kondisi tersebut sulit dihindari. Namun, Anda bisa mengurangi dampaknya sejak dini. Banyak kok, para manula (manusia lanjut usia) yang memiliki penglihatan tajam hingga tutup usia.

    Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Terlebih dahulu, kenali macam-macam gangguan kesehatan mata pada manula. Kemudian, ketahui tips meminimalisasi efeknya.

    1. Presbiopia

    Presbiopia mulai menyerang ketika seseorang memasuki umur 40 tahun ke atas. Gejala awalnya, antara lain merasa sakit kepala seusai membaca, tidak bisa melihat huruf berukuran kecil, dan mata selalu berair.Penyakit presbiopia bisa dicegah dengan cara; memakai pelindung radiasi saat menggunakan gadget, membaca di tempat yang cukup cahaya, serta mengonsumsi vitamin A.

    1. Katarak

    Sekarang, banyak penderita katarak yang melakukan operasi mata di Medan. Rata-rata, berumur 60 tahun ke atas. Tanda klinis penyakit ini berawal dari penglihatan kabur, mata lebih sensitif, dan benda selalu terlihat dua. Parahnya, warna di sekitar berubah menjadi kuning atau cokelat saja. Gangguan tersebut bisa bisa dicegah dengan mengonsumsi vitamin A, tidak merokok, serta menghindari alkohol.

    1. Glaukoma

    Glaukoma disebabkan oleh penekanan berlebihan pada bola mata. Hal tersebut mengakibatkan kerusakan saraf. Gejala klinis penyakit ini nyaris tak terdeteksi; hanya berupa kebutaan secara bertahap.Efek sampingnya, antara lain mual, muntah, hingga sakit kepala. Kurangi kadar gula darah, rajin olahraga, serta konsumsi makanan bergizi; untuk mencegah serangan gangguan ini.

    1. Degenerasi Makula

    Degenerasi makula menyerang retina sehingga sulit mengenali wajah, membaca, dan berkendara. Penyakit ini membuat seseorang kehilangan penglihatan secara perlahan. Pertama, benda-benda di sekitar tampak buram. Gejala berlanjut pada pemudaran warna hingga semuanya tak terlihat. Cegah gangguan mata tersebut dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, serta beta karotena.

    Itulah empat penyakit mata pada orang tua yang harus diwaspadai sejak usia muda. Jika Anda mengalami salah satu gejalanya, segera periksakan ke Rumah Sakit Mata SMEC. Lembaga ini berkantor pusat di Medan. Karena itulah, mereka menggandeng dokter mata di Medan untuk menangani berbagai kasus gangguan penglihatan.

    Kini, rumah sakit tersebut membuka cabang di seluruh Indonesia. Data alamat kantor cabangnya dapat dilihat melalui situs www.rsmatasmec.com/cabang. Bagi pasien BPJS, pun bisa mendatangi tempat penyembuhan mata ini. Tersedia layanan kesehatan untuk peserta BPJS dari berbagai level.

    Baca Juga :

    Alur BPJS Kesehatan Operasi Mata
    Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi Komputer
    3 Penyakit Mata Pada Anak dan Cara Mengatasinya
    5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Ibu Hamil
    Penyebab Penyakit Mata Katarak

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply