• 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Ibu Hamil

    5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Ibu Hamil

    Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Ibu Hamil, Selama masa kehamilan, seorang ibu mengalami berbagai perubahan metabolisme tubuh, hormon, dan sistem peredaran darahnya. Hal ini yang menjadi penyebab berbagai keluhan yang dirasakan para ibu hamil. Gejala sakit pinggang atau mual dan muntah adalah keluhan umum yang sering dirasakan ibu hamil. Akan tetapi tahukan Anda bahwa kehamilan dapat memengaruhi kesehatan mata ibu hamil?

    Kondisi kehamilan membuat tubuh seorang wanita lebih menahan cairan tubuh sehingga volume darah pun akan meningkat. Selain itu, kondisi hormon pun menjadi fluktuatif dan tekanan darah menjadi bervariasi. Semua hal tersebut dapat berefek pada kesehatan mata ibu hamil.Meskipun gangguan kesehatan mata pada ibu hamil umumnya bersifat sementara, beberapa kondisi patologis saat kehamilan perlu menjadi perhatian.

    Beberapa gangguan kesehatan mata yang bersifat sementara antara lain :

    #1 Mata kering
    #2 Mata merah
    #3 Edema kornea
    #4 Berkunang-kunang (lightheadedness)

    Meskipun demikian, jangan terlalu khawatir bila Anda mengalami gangguan tersebut. Pada umumnya, gangguan mata akan hilang setelah ibu selesai melahirkan. Untuk dapat mencegah terjadinya gangguan kesehatan mata selama kehamilan, simak tips berikut ini

    #1 Pakailah obat tetes mata untuk mengatasi mata kering. Gunakan hanya obat tetes mata yang tidak mengandung kortikosteroid atau obat keras lainnya. Pilih obat tetes mata yang memiliki tanda lingkaran hijau atau biru.

    #2 Kompres mata Anda dengan air dingin bila terasa bengkak di sekitar mata

    #3 Cek kondisi gula darah Anda. Menderita penyakit diabetes dapat menyebabkan penyakit mata retinopati diabetik.

    #4Gunakan kacamata hitam bila Anda beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.
    Tundalah pemakaian lensa kontak. Kehamilan dapat menyebabkan penurunan sensitivitas kornea yang akan berakibat pada mata cepat kering.

    #5 Bila keluhan mata tetap berlanjut, segera hubungi dokter mata. Anda dapat mengunjungi Rumah Sakit Khusus Mata SMEC. Rumah sakit ini memiliki dokter spesialis mata yang andal dan dilengkapi dengan teknologi terbaru di bidang perawatan mata. Rumah Sakit SMEC sudah memiliki 9 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, antara lain di Medan, Jakarta, Balikpapan, dan Manado.

    Jangan khawatir mengenai biaya perawatan. Rumah Sakit Mata SMEC berkomitmen agar pelayanannya terjangkau semua lapisan masyarakat. Ditambah lagi, semua cabang Rumah Sakit Mata SMEC dapat menerima pasien BPJS, Baca Panduan Alur BPJS Kesehatan Operasi Mata.. Dengan Rumah Sakit Mata SMEC, Anda dapat memperoleh pelayanan kesehatan mata prima dan terjangkau.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply