• 5 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata Anda

    5 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata Anda

    Sebagai salah satu bagian pancaindera, mata memiliki fungsi yang sangat vital. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata merupakan hal yang harus Anda prioritaskan.

    Ada ungkapan yang mengatakan menjaga lebih baik daripada mengobati. Dengan kata lain, sebaiknya kita menjaga mata sebelum sakit. Agar mata kita tetap sehat dan indah, berikut ini adalah 5 tips menjaga kesehatan mata yang tepat untuk Anda.

    1. Perhatikan Jarak Baca

    Mata memiliki fungsi untuk melihat. Salah satu aktivitas melihat adalah membaca. Sebaiknya Anda mengatur jarak mata dengan buku saat membaca. Kira-kira jaraknya 25-30 cm. Jarak mata dengan buku yang terlalu dekat akan membuat mata mudah lelah karena mata harus bekerja lebih keras dan kondisinya tegang.

    1. Batasi Durasi Menatap Layar HP

    Saat ini, hampir semua orang memiliki ponsel. Beberapa bahkan memilikinya lebih dari satu.

    Bukan masalah jumlah ponsel yang dimiliki. Akan tetapi, kebiasaan menatap layar HP yang terlalu sering akan merusak mata. Radiasi layar HP dapat merusak retina, katarak, dan kanker.

    1. Makan Makanan Sehat untuk Mata

    Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah memperhatikan konsumsi makanan. Makanan yang bervitamin A dapat mencegah penyakit mata. Sumber vitamin A terdapat pada sayur dan buah, seperti wortel, tomat, bayam, pepaya, pisang, susu, dan daging sapi.

    1. Memakai Kacamata Hitam Saat Berada di Luar Ruangan

    Paparan sinat matahari mengandung sinar ultraviolet yang dapat mengganggu kesehatan mata. Agar tidak terkena sinar UV, pakailah kacamata hitam saat beraktivitas di bawah terik sinar matahari langsung.

    Sinar UV dapat menyebabkan penyakit katarak. Selain itu, terpapar sinar matahari menyebabkan mata merah atau iritasi karena debu. Hal tersebut juga dapat membuat mata sakit.

    1. Berhenti Merokok

    Ternyata perokok sangat berpotensi untuk terserang penyakit katarak. Rokok mengandung racun berupa radikal bebas. Antioksidan dalam tubuh akan terkonsentrasi untuk melawan radikal bebas dari rokok.

    Di sisi lain, lensa mata mengandung sel protein yang sangat sensitif terhadap radikal bebas. Sel protein tersebut menjadi rusak sehingga terbentuk endapan yang menghalangi cahaya masuk retina. Hal tersebut menimbulkan katarak.

    Jika Anda sudah telanjur terserang penyakit mata, datanglah ke rumah sakit khusus mata untuk pengobatan. Misalnya, Rumah Sakit Mata SMEC. Saat ini, rumah sakit tersebut telah menerima pasien BPJS. Pusatnya berada di Medan, tetapi cabangnya telah ada di beberapa kota, seperti Jakarta, Balikpapan, Samarinda, Kabanjahe, Manado, Malang, dan Pekanbaru.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply