• Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

    Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

    Komputer dan laptop merupakan alat elektronik yang tidak dapat dipisahkan dengan manusia modern saat ini. Komputer selalu dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan, sekadar menonton film, atau bermain game.

    Organ tubuh yang sangat berpengaruh saat kita menggunakan komputer adalah mata. Kesehatan mata menjadi hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan saat Anda terbiasa bekerja di depan komputer.

    Agar Anda dapat menggunakan komputer dengan nyaman dan tubuh tetap sehat, berikut ini adalah cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer.  

    1. Atur Jarak Pandang Mata

    Saat Anda sedang bekerja di depan komputer, aturlah jarang pandang mata. Jangan terlalu dekat, juga jangan jauh. Usahakan antara mata dan layar berjarak 25-30 cm. jarak yang terlalu dekat membuat mata terbelalak sehingga mudah lelah. Jarak yang terlalu jauh, membuat Anda sulit membaca tulisan.

    1. Atur Kecerahan Layar

    Pada setiap komputer telah tersedia aplikasi untuk mengatur kecerahan layar. Aturlah tingkat kecerahan sesuai kenyamanan mata Anda. Dengan demikian, mata tidak cepat lelah jika terlalu terang. Terlalu gelap juga akan membuat Anda sulit membaca tulisan.

    1. Gunakan Screen Protector

    Pelindung layar juga bermafaat untuk kesehatan mata Anda. Gunanya untuk mencegah radiasi layar komputer agar tidak terlalu terang. Screen protector dapat Anda tempelkan di layar komputer.

    1. Istirahatkan Mata

    Usahakan mata Anda beristirahat selama 5 menit setelah menatap layar komputer selama 1 jam. Tujuannya agar mata tidak cepat lelah.

    Saat Anda fokus menatap komputer, mata Anda akan tidak berkedip. Padahal dalam keadaan normal seharusnya mata berkedip 18 kali selama 1 menit.  Cobalah untuk sering mengedipkan mata agar tidak cepat lelah.

    1. Periksa Mata

    Penyakit mata akibat terlalu lama menatap layar komputer disebut computer vision syndrome (CVM). Misalnya, mata merah, penglihatan kabur, dan sakit kepala. Sebelum penyakit tersebut makin parah, periksakan mata Anda ke rumah sakit.

    Salah satu rumah sakit terbaik mata adalah SMEC. Dengan teknologi canggih dan doker terbaik, rumah sakit tersebut berkomitmen untuk memahami kebutuhan pasien modern dengan segala keluhan tentang penyakit mata.

    Rumah Sakit Mata SMEC telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Anda tidak perlu membayar saat berobat atau operasi mata dengan membawa kartu BPJS. Akan tetapi, Anda harus mendapatkan rujukan dari Fasilitas Kesehatan Pertama sebelumnya.  

    SMEC kini telah hadir di beberapa kota besar, yaitu Medan, Jakarta, Balikpapan, Samarinda, Kabanjahe, Manado, Malang, dan Pekanbaru. Layanan yang terdapat di sana adalah pengobatan katarak, glukoma, vitreoretina, neuro oftalmologi, bedah reflakstif, dan lasik, serta pediatric oftalmologi dan strabismus.

    Baca Juga :

    Alur BPJS Kesehatan Operasi Mata
    Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi Komputer
    3 Penyakit Mata Pada Anak dan Cara Mengatasinya
    5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Ibu Hamil
    Penyebab Penyakit Mata Katarak

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply