• Ciri Ciri Penyakit Mata Glaukoma

    Ciri Ciri Penyakit Mata Glaukoma

    Apa Glaukoma?
    Glaukoma adalah sekelompok penyakit yang merusak saraf mata optik dan dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan dan kebutaan. Namun, dengan deteksi dini dan pengobatan, Anda dapat sering melindungi mata Anda terhadap kehilangan penglihatan yang serius.

    Glaukoma merupakan penyebab utama kebutaan
    Glaukoma dapat menyebabkan kebutaan jika dibiarkan tidak diobati. Dan sayangnya sekitar 10% dari orang dengan glaukoma yang menerima perawatan yang tepat masih pengalaman kehilangan penglihatan.

    Tidak setiap orang dengan peningkatan tekanan mata akan mengembangkan glaukoma. Beberapa orang dapat mentolerir tingkat yang lebih tinggi dari tekanan mata yang lebih baik daripada yang lain. Juga, tingkat tertentu tekanan mata mungkin tinggi untuk satu orang tapi normal untuk yang lain.

    Ada 4 jenis glaukoma, yaitu :

    Glaukoma kronis terbuka – Ini merupakan bentuk glaukoma yang paling umum. Tekanan dalam mata meningkat ketika tabung yang mengatur cairan keluar secara alami dari mata menjadi sedikit tersumbat. Kadang tidak terdapat gejala awalnya, dan beberapa orang didiagnosis pada pemeriksaan mata rutin. Tanda yang memungkinkan adalah kehilangan penglihatan secara bertahap.

    Glaukoma tertutup (akut) – Sering terjadi begitu cepat, dengan tiba-tiba terjadi penyumbatan menuju alur cairan dari mata. Dapat disertai dengan beberapa rasa nyeri, mengubah penglihatan (terutama ketika cahaya datang dari arah depan) dan buram sekitar cahaya. Tanda lainnya termasuk mata merah, sakit kepala, mual dan muntah

    Secondary glaukoma – Terjadi pada tekanan mata, dapat pula terjadi karena dampak kecelakaan mata, operasi atau pengobatan.

    Glaukoma berkembang (glaukoma bawaan lahir-kongenital) – Ini biasanya ada ketika lahir atau sesudah dilahirkan. Anak tersebut tidak dapat membuka mata di tempat terang, da matanya terlihat buram dan berair. Hal ini jarang terjadi, namun bisa menjadi serius, dan hal ini disebabkan oleh ketidaknormalan mata.

    Glaukoma tidak dapat disembuhkan, namun bisa diatasi dengan melakukan perawatan intensif, jika perawatan di tinggalkan dapat menyebabkan kerusakan penglihatan secara permanen. Untuk glaukoma terbuka bisa menggunakan tetes mata, pengobatan oral, operasi (termasuk operasi lasik) dan tanam saluran udara. Untuk glaukoma tertutup di butuhkan pengobatan darurat yang harus di obati secara cepat untuk mencegah terjadinya kebutaan permanen. Spesialis mata akan membantu pasien untuk menangani jenis lain dari glaukoma.

    Adapun untuk mengetahui lebih lanjut mengenai glaukoma, ada baiknya Anda melakukan perawatan mata secara berkala, dengan bertanya langsung ke dokter mata jauh akan membantu Anda dalam menjaga dan merawat kesehatan mata Anda. Rumah sakit mata SMEC kini hadir untuk membantu Anda dalam menangani kesehatan mata Anda. Anda dapat temukan rumah sakit SMEC di Medan dan beberapa kota besar lainnya seperti Balikpapan, Pekanbaru, Kabanjahe, Samarinda, Jakarta, Manado, Malang dan Semarang.

    Leave a reply →
  • Posted by Djuni Posma on 4 Juli 2018, 10:25

    Dokter mata glaukoma anak di R.S SMEC hari apa, dan dokternya siapa

    Reply →
    • Posted by admin on 1 Agustus 2018, 08:51
      in reply to Djuni Posma

      selamat pagi, berikut kami lampirkan untuk dr. Balgis Desy S, SpM

      Work days
      Senin s/d Jum’at
      Jadwal 08.00 – 16.00 WIB
      Work days
      Sabtu
      Jadwal 08.00 – 14.00 WIB

      untuk info lebih silahkan hub ke no hp +62 852 9738 3240

      Reply →

Leave a reply

Cancel reply