• Ciri, Pencegahan, dan Pengobatan Penyakit Mata Akibat Diabetes

    Ciri, Pencegahan, dan Pengobatan Penyakit Mata Akibat Diabetes

    Diabetes merupakan salah satu penyakit yang mematikan di Indonesia. Bukan hanya membuat kadar glukosa dalam darah menjadi tidaknormal, tetapi juga memberikan komplikasi pada organ lain seperti mata. Bagaimanakah ciri, pencegahan, dan pengobatan penyakit mata akibat diabetes?

    Ciri-Ciri Penyakit Mata Akibat Diabetes

    Penyakit mata akibat diabetes ada 2 jenis, yaitu retinopati diabetik dan glaukoma. Retinopati diabetik umumnya tidak terlihat saat remaja maupun dewasa. Namun, semakin lama mengidap diabetes, semakin tinggi pula risiko komplikasi penyakit mata. Glaukoma terjadi secara bertahap, yaitu ada bakat kambuhnya gangguan vaskuler/diabetes, tekanan pada bola mata disertai nyeri, serta tiba-tiba terjadi tekanan yang menyakitkan di bilik mata. 

    Beberapa ciri-ciri umum yang dirasakan penderita diabetesdengan komplikasi penyakit mata adalah:

    # Pandangan kabur

    # Adanya bayangan ganda pada objek yang dilihat

    # Retina membengkak sehingga mata terlihat melotot

    # Ada bintik-bintik di penglihatan

    # Menderita katarak

    # Ingin terus mengedip berlebihan

    Pencegahan Penyakit Mata Akibat Diabetes

    Jika penderita diabetes mengalami gejala-gejala di atas, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata. Retinopati diabetik dapat dicegah dengan mengontrol ketat kadar gula darah penderita diabetes dengan insulin. Jika anda telah didiagnosis menderita glaukoma, maka anda harus rajin mengontrol pola makan, dosis obat, dan olah raga.

    Pengobatan Penyakit Mata Akibat Diabetes

    Pengobatan penyakit mata akibat diabetes dilakukan tergantung penyebabnya. Terapi laser dan operasi vitrektomi dilakukan untuk penderita retinopati diabetik sedangkan trabekulektomi dan tetes mata yang mengandung prostaglandin bisa diterapi pada pasien glaukoma.

    Meskipun telah melakukan terapi rutin, penderita diabetes harus tetap memeriksakan kesehatan matanya. Sebab, penanganan terlambat pada penyakit mata akibat diabetes dapat menyebabkan kebutaan permanen.

    Sudah banyak rumah sakit yang menyelenggarakan operasi mata di Medan, salah satunya adalah Rumah Sakit Mata SMEC. Penyakit mata akibat diabetes harus ditangani oleh dokter mata yang sudah ahli dan rumah sakit yang memiliki rekam medis pasien yang memadai agar kesehatan dan penyakit mata anda dapat ditelusuri. Banyak orang terlambat mengetahui penyakit mata akibat diabetes dengan alasan tidak memiliki asuransi padahal pasien BPJS Kesehatan diterima di seluruh cabang Rumah Sakit Mata SMEC.

    Tunggu apa lagi? Mari periksakan kesehatan mata Anda sebelum terlambat!

    Baca Juga :

    Alur BPJS Kesehatan Operasi Mata
    Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi Komputer
    3 Penyakit Mata Pada Anak dan Cara Mengatasinya
    5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Ibu Hamil

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply