• Ciri, Pencegahan, dan Pengobatan Penyakit Mata Karena Virus Herpes

    Ciri, Pencegahan, dan Pengobatan Penyakit Mata Karena Virus Herpes

    Penyakit mata karena virus herpes yang jenisnya sama dengan virus penyebab cacar ini ternyata berbahaya jika tidak ditangani segera. Umumnya, penyakit mata karena virus herpes terjadi pada manula karena faktor usia.

    Ciri Penyakit Mata Karena Virus Herpes

    Ciri umum yang dapat dirasakan yaitu:

    • Demam dan pegal-pegal
    • Penglihatan buram
    • Mata merah dan berair
    • Salah satu mata merasa nyeri
    • Mata gatal/terasa terbakar
    • Semakin peka cahaya sehingga mata menjadi perih
    • Mata bengkak/muncul ruam pada kelopak mata

    Pencegahan Penyakit Mata Karena Virus Herpes

    Virus herpes mungkin telah ada sejak penderita masih kecil dan pernah mengalami cacar sebelumnya. Virus herpes bisa menular melalui kontak langsung bahkan dari orang dewasa kepada balita sehingga pemberian vaksin varisela zoster akan membantu mengurangi resiko tertular atau menularkan herpes.

    Meskipun terkadang tidak membahayakan, virus ini bisa muncul saat penderita mengalami stres berat atau kondisi fisik yang kurang fit. Oleh karena itu, hindari berbagi memakai barang yang sama dengan penderita seperti kacamata. Usahakan untuk tidak menggunakan lensa kontak terlebih dahulu.

    Virus ini juga bisa menyebar melalui kontak tangan dengan luka herpes bibir ke mata. Itulah sebabnya, usahakan untuk tidak menggosok mata sembarangan dan menjaga kebersihan tangan.

    Pengobatan Penyakit Mata Karena Virus Herpes

    Pada kasus tertentu, penyakit mata karena virus herpes dapat menyebabakan kebutaan. Berbeda dengan bakteri, virus memang tidak dapat diobati dengan antibiotik. Namun, penggunaan obat tetes mata dapat mengurangi jumlah dan penyebaran virus herpes.

    Pengobatan penyakit herpes juga tergantung pada bagian yang terinfeksi virus. Herpes yang menginfeksi lapisan luar kornea diobati dengan anti virus berbentuk tetes, salep, atau gel. Sedangkan herpes yang menginfeksi bagian dalam kornea akan diobati dengan obat tetes steroid.

    Pengguna BPJS Kesehatan dapat memeriksa kesehatan matanya secara berkala di Rumah Sakit Mata SMEC. Jika telah terjadi komplikasi sehingga harus di operasi, maka tim dokter Rumah Sakit SMEC Medan siap membantu Anda. Anda juga bisa berkonsultasi secara rutin ke tim dokter Rumah Sakit Mata SMEC di kota Anda.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply