• Computer Vision Syndrome

    Computer Vision Syndrome


    Waktu berlalu dan anak-anak kembali ke sekolah, sering bergadang bermain dengan teman, atau malah menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer. Tapi apakah mata dilengkapi untuk menangani hal-hal seperti itu?. Setiap tahun, hampir 60 juta anak usia sekolah akan menggunakan komputer atau perangkat digital berjam-jam sehari, dan itu tidak termasuk waktu yang dihabiskan di depan TV atau game di rumah.

    Kegiatan yang meningkat ini menempatkan mereka pada risiko yang lebih besar untuk Sindrom Penglihatan Komputer (Computer Vision Syndrome) atau CVS, ialah suatu keadaan sementara yang disebabkan oleh mata yang difokuskan melihat tampilan komputer selama berlarut-larut, kondisi serius ini dapat menyebabkan sakit punggung dan leher, mata kering, dan bahkan sakit kepala.

    “Semua sekolah diawali dengan mata” kata Dr. Justin Bazan. Faktanya, statistik menunjukkan bahwa 80% dari apa yang kita pelajari adalah melalui mata kita, yang berarti CVS dapat memiliki dampak besar bagi produktivitas siswa dan kinerja belajarnya.

    Lalu langkah apa yang bisa Anda ambil untuk membantu mencegah CVA dan masalah terkait visual lainnya? Pastikan anak-anak Anda mengunjungi dokter mata setiap tahun. Sebanyak satu dari empat siswa mengalami gangguan penglihatan, dan 20% siswa sekolah menengah dan atas (usia 12-17) mengalami kesulitan melihat papan tulis di sekolah. Resep yang tepat adalah kuncinya. Itulah mengapa ide bagus untuk melakukan ujian mata tahunan dari rutinitas back-to-school.

    Berdasarkan cara dan frekuensi penggunaan komputer, kacamata dapat dirancang untuk membantu memusatkan mata dan mengurangi ketegangan saat menggunaka komputer. Terapi penglihatan adalah pengobatan lain yang dapat membantu seseorang membangun kekuatan fokus mereka hingga mengurangi penyebab CVS. Langkah praktis lainnya seperti penempatan monitor dan istirahat berjangka waktu, dapat mencegah CVS.

    Tips lain untuk mencegah CVS adalah sebagai berikut :

    • Dosis harian

    Sama seperti TV, penggunaan komputer harus disesuaikan menurut usia. Dibawah 10 tahun, batas waktu yang disarankan 30 menit sehari. 10-13 tahun batas waktu disarankan 1 jam sehari. 14-15 tahun, batas waktu yang disarankan  2 jam sehari. Usia 16-18 tahun, batas waktu yang disarankan berdasarkan penilaian orang tua yang terbaik

    • Resolusi layar komputer

    Jaga agar monitor tetap bersih dan gunakan filter monitor yang mengurangi caha

    • Istirahat

    Setiap jam, mintalah anak Anda beristirahat 10 menit dari komputer (hal yang sama juga berlaku untuk Anda

    • Gunakan kacamata

    Jika anak Anda memakai kacamata resep entah itu untuk penggunaan komputer atau yang lainnya, pastikan mereka memakainya

    Kini Anda sudah paham apa itu CVS bukan? Nah, lebih perhatikan lagi bagaimana anak Anda menghabiskan waktunya yang hanya di depan komputer. Atau bahkan bisa jadi Anda sendiri pun merasakannya? Sudah waktunya bagi Anda untuk memeriksakan mata Anda atau anak Anda. Dan rumah sakit mata SMEC akan menangani perawatan untuk kesehatan mata keluarga Anda.

    Rumah sakit mata SMEC bisa anda temukan di Medan, dan cabang beberapa kota lainnya seperti Balikpapan, Pekanbaru, Kabanjahe, Samarinda, Jakarta, Manado, Malang dan Semarang. Dilengkapi dengan para dokter yang ahli serta fasilitas yang memadai, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai kualitasnya. Di era digital yang serba canggih, harusnya membuat kita lebih perduli dengan kesehatan mata kita.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply