• Gejala Penyakit Konjungtivitis

    Gejala Penyakit Konjungtivitis

    Pernahkah Anda mendengar konjungtivitis? Atau mungkin Anda lebih sering mendengarnya dengan istilah mata merah?? Konjungtivitis atau mata merah adalah iritasi atau peradangan pada konjungtiva, yang menutupi pada bagian putih bola mata.

    Konjungtivitis adalah suatu peradangan atau infeksi selaput transparan yang berada di permukaan dalam kelopak mata dan yang mengelilingi bola mata bagian luar. Bila pembuluh darah halus yang berada dalam konjunctiva meradang, maka pembuluh darah ini akan nampak. Itulah sebabnya mengapa bola mata yang berwarna putih menunjukkan warna merah

    Konjungtivitis dapat terjadi pada satu atau kedua mata. Kondisi ini dapat disebabkan alergi atau infeksi bakteri  atau virus. Konjungtivitis juga  bisa sangat menular dan menyebar melalui kontak dengan sekresi mata dari orang yang terinfeksi. Konjungtivitis terjadi sangat umum, karena lebih dari 2 juta kasus per tahun (Indonesia).

    Gejala umum konjungtivitis biasanya dapat didiagnosis sendiri, meliputi mata kemerahan, gatal dan berair. Hal ini juga dapat menyebabkan keluarnya kotoran atau pengerasan kulit di sekitar mata. Penderita juga mungkin mengalami nyeri pada area mata, kemerahan, iritasi, kemerahan di kelopak mata, mata berair, mata sembab, pembengkakan garis mata, rasa gatal atau rembesan. Hidung terasa tersumbat, pilek atau bersin, juga umumnya sensitif terkena cahaya.

    Konjungtivitis alergi dapar diobati dengan antihistamin, Kongjuntivitis bakteri dapat di obati dengan tetes mata antibiotik sedangkan bayi yang mengalami konjungtivitis ketika lahir lebih baik di bawa ke dokter secepatnya. Cara penyebarannya biasanya melalui kontak kulit (jabat tangan atau pelukan) dan melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi (selimut atau pegangan pintu). Untuk pencegahan kondisi dari penularan sebaiknya mencuci tangan secara rutin sangat di sarankan.

    Selain menangani sendiri mengenai konjungtivitis atau mata merah ini, ada baiknya Anda periksakan mata Anda ke dokter ahli mata untuk menjaga kesehatan mata Anda. Rumah sakit mata SMEC menjadi rekomendasi bagi Anda, dengan dokter mata yang terbaik dan fasilitas yang memadai membuat Anda tidak perlu khawatir akan kualitas rumah sakit mata ini.

    Rumah sakit yang awalnya berdiri di Medan ini juga menerima pasien pengguna BPJS. Dan untuk Anda yang berada di luar Medan tidak perlu khawatir, karena SMEC juga telah membuka cabang di beberapa kota besar lainnya seperti Balikpapan, Pekanbaru, Kabanjahe, Samarinda, Jakarta, Manado, Malang dan Semarang. Mulailah perhatikan kebersihan dan kesehatan mata Anda, agar terhindar dari penyakit konjungtivitis atau mata merah.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply