• Hindari Penyebab Glaukoma Ini Untuk Mata yang Sehat

    Hindari Penyebab Glaukoma Ini Untuk Mata yang Sehat

    Glaukoma merupakan penyakit mata yang ditandai dengan tiga hal yaitu, meningkatnya tekanan dalam bola mata, kerusakan pada saraf optik, dan kelainan pada lapang penglihatan. Glaukoma merupakan penyakit mata progresif. Hal ini berarti glaukoma dapat berkembang tingkat keparahannya seiring dengan berjalannya waktu.

    Glaukoma merupakan penyebab utama kebutaan di dunia, terutama di Benua Asia. Seringkali penderita tidak menyadari dirinya menderita glaukoma hingga tingkat kerusakan saraf optik sudah cukup parah. Oleh karena itu penting bagi kita untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mata. Selain itu, mengenali penyebab penyakit mata glaukoma menghindarkan kita dari penyakit ini.

    Prinsip terjadinya glaukoma

    Bola mata manusia memiliki cairan yang disebut sebagai aquos humor. Cairan ini berfungsi sebagai pemberi nutrisi mata serta menjaga bentuk dan tekanan bola mata. Pada mata dengan kondisi glaukoma, cairan tersebut terus diproduksi namun terjadi hambatan pada saluran keluar cairan. Sebagai akibatnya bola mata akan membesar dan menaikkan tekanan bola mata. Bola mata yang membesar akan menekan saraf optik di belakangnya. Hasil akhirnya adalah terjadi kerusakan saraf optik yang dapat berakibat pada kebutaan.

    Penyebab penyakit mata glaukoma

    Secara umum penyebab glaukoma adalah karena adanya tekanan pada bola mata yang tinggi ( lebih dari 21 mmHg) sebagai akibat terhambatnya saluran keluar cairan bola mata. Bagaimana saluran ini dapat terhambat, beberapa faktor risiko dapat menjadi penyebabnya. Sudahkah Anda mengenali faktor risiko yang dapat menyebabkan penyakit glaukoma?Simak daftarnya sebagai berikut:

    1. Riwayat keluarga dengan penyakit glaukoma. Beberapa studi menunjukkan bahwa faktor risiko glaukoma dapat diturunkan
    2. Penyakit degeneratif, seperti diabetes melitus dan hipertensi
    3. Trauma atau cedera pada mata
    4. Mengonsumsi obat golongan steroid dalam jangka waktu lama
    5. Migrain atau penyempitan pembuluh darah di otak

    Penyakit mata glaukoma dapat dicegah dan dihindari. Salah satunya adalah dengan mengenali faktor risiko penyebab glaukoma. Selain itu, pemeriksaan rutin ke dokter spesialis mata dapat mendeteksi secara dini kondisi glaukoma pada mata. Rumah Sakit Khusus Mata SMEC menyediakan dokter spesialis mata profesional dengan teknologi kesehatan terkini.

    Rumah Sakit SMEC saat ini sudah memiliki cabang di kota-kota besar di Indonesia, antara lain Medan, Kabanjahe, Jakarta, dan Manado. Jangan khawatir soal biaya, Rumah Sakit SMEC menawarkan harga kompetitif yang terjangkau untuk semua kalangan. Selain itu, Seluruh cabang Rumah Sakit SMEC sudah menerima pasien BPJS. Ayo segera periksakan mata Anda dan cegah glaukoma di mata kita.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply