• Inilah 5 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Mata Menurut Para Ahli

    Inilah 5 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Mata Menurut Para Ahli

    Menjaga kesehatan mata; tugas kecil yang sering kali terabaikan. Padahal, organ ini merupakan kunci untuk melihat seluruh isi semesta.Tanpanya, Anda pun akan kesulitan dalam melakukan berbagai macam kegiatan.

    Karena itu, merawat indera penglihatan sangat penting supaya terhindar dari penyakit mata.Inilah 5 hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatannya.

    1. Hindari Rokok dan Minuman Keras

    Tidak dimungkiri, rokok mengandung racun yang bisa membunuh secara perlahan. Begitu pun minuman keras; di dalamnya terdapat zat kimia berbahaya. Bahkan, bersifat radikal bebas. Tentu kandungan tersebut berpengaruh pada kesehatan penglihatan. Terlebih jika mengonsumsinya berlebihan. Lambat laun, organ mata mulai melemah sehingga berakhir dengan kebutaan.

    1. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi untuk Mata

    Makanan yang mengandung vitamin A; sangat baik untuk penglihatan. Semua jenis penyakit matadapat dihindari dengan mengonsumsi zat ini. Proses metabolisme sel di bagian retina menjadi lebih lancar. Vitamin tersebut bisa diperoleh dari buah-buahan, antara lain wortel, cabai merah, papaya, dan apel.

    1. Gunakan Kacamata Pelindung

    Debu dan kotoran tidak mungkin dihindari saat beraktivitas ke luar. Apalagi, keduanya masuk ke dalam mata. Bisa jadi, menyebabkan iritasi atau sakit mata. Nah, untuk mencegah itu terjadi; selalu gunakan kacamata. Dengan perlindungan dari benda ini, penglihatan tetap jernih dan sehat.

    1. Jangan Membaca di Tempat Redup atau Terlalu Dekat

    Rabun dekat atau hipermetropi merupakan penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan membaca terlalu dekat. Jarak tersebut membuat otot mata kaku. Akibatnya, Anda hanya bisa melihat dengan jelas ketika bendanya jauh.Pun saat tak ada cahaya; menyebabkan retina mudah lelah.

    1. Menjaga Berat Badan agar Tetap Ideal

    Mengapa perlu menjaga kestabilan berat badan? Hal yang harus diingat; berat bedan berbanding lurus pada peningkatan gula darah. Jika senyawa tersebut kadarnya naik, penglihatan akan melemah. Pasalnya, terjadi penumpukan di organ mata.Dampak yang lebih parah; katarak.

    Itulah hal-hal yang harus dilakukan agar terhindar dari gangguan penglihatan. Kalau Anda merasakan permasalahan pada organ mata, segera periksa ke dokter spesialis. Kini, di Indonesia terdapat Rumah Sakit Mata SMEC. Cabangnya tersebar di seluruh nusantara. Silahkan membuka situs websitewww.rsmatasmec.com/cabang supaya mendapatkan informasi lengkap.

    Rumah sakit itu memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk pasiennya, termasuk pemegang kartu BPJS. Kantor pusatnya terletak di Kota Medan. Bagi yang membutuhkan operasi mata di Medan bisa mendatangi tempat tersebut. Soal penanganan, tenang saja; semua dilakukan oleh dokter mata di Medanyang andal.

     

     

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply