• Inilah Gejala Penyakit Mata yang Wajib Diketahui

    Inilah Gejala Penyakit Mata yang Wajib Diketahui

    Meskipun disebabkan oleh iritasi, penyakit mata tidak bisa diremehkan. Pasalnya, gangguan tersebut berpotensi menular. Apalagi kalau akibat kontaminasi virus dan bakteri. Penularannya akan semakin parah.

    Namun, beberapa jenis gangguan kesehatan mata justru tidak menular. Sebagai contoh, miopi; melemahnya kemampuan melihat jarak jauh. Selain itu, ada hipermetropi, presbiopi, katarak, rabun senja, serta buta warna. Penyebabnya beragam, mulai dari keturunan hingga ketidaknormalan lensa mata.

    Lalu, bagaimana cara mengobatinya? Terlebih dahulu, Anda harus mengetahui penyebab penyakit tersebut. Kemudian, perhatikan gejalanya selama beberapa waktu. Ini bertujuan supaya memperoleh penanganan yang tepat.

    Berikut ini beberapa contoh penyakit mata dan gejalanya. Yuk, gali lebih dalam!

    1. Miopi dan Hipermetropi

    Kedua penyakit ini disebabkan oleh kegagalan fungsi lensa mata dalam memantulkan cahaya ke retina.Pada miopi, bayangan jatuh di belakang retina. Gejalanya; tidak bisa melihat benda dalam jarak jauh. Sementara penderita hipermetropi sulit menangkap gambar yang letaknya dekat.

    1. Katarak

    Katarak merupakan penyakit yang ditandai dengan pandangan buram. Terutama pada malam hari, penderitanya kerap kali tidak bisa melihat. Penanganan katarak bisa melalui operasi mata di Medan. Di sana terdapat rumah sakit khusus yang menangani bedah mata katarak.

    1. Buta Warna

    Faktor penyebab buta warna adalah genetik. Orang tua yang mengidap kelainan ini, kemungkinan menurunkan pada anaknya. Penderita buta warna kesulitan membedakan warna hijau dan merah. Namun, sangat hafal dengan gradasi kuning dan biru.

    1. Rabun Senja

    Penderita rabun senja akan kehilangan penglihatan ketika hari menggelap. Rabun senja identik dengan kekurangan vitamin A. Gejala awalnya; tidak bisa berkendara saat malam. Indikator yang paling tampak adalah kesulitan melihat sinar bintang di langit.

    1. Sakit Mata

    Sakit mata merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh terpaan debu, virus, atau bakteri. Trakom, konjungtivitis, dan herpes, merupakan contohnya. Bisa menular lewat kontak secara langsung atau udara. Umumnya, ditandai dengan mata merah, keluar cairan encer, terasa nyeri dan ada yang mengganjal, penuh kotoran, serta penglihatan kurang jelas.

    Demikian ulasan mengenai beberapa macam penyakit yang menyerang penglihatan disertai gejala klinisnya. Saat ini, semua jenis gangguan bisa ditangani dengan berobat ke Rumah Sakit Mata SMEC. Rumah sakit ini berpusat di Kota Medan dan membuka cabang di seluruh Indonesia. Lokasi dan alamat lengkapnya dapat diakses situs www.rsmatasmec.com/cabang.

    Rumah sakit tersebut menjamin kualitas pengobatan dan pelayanan. Mereka menggandeng dokter mata di Medan yang tergolong andal. Tak perlu khawatir soal biaya karena semua pasien BPJS diterima di sini.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply