• Keluhan Pasien Terhadap Conjunctivital Bleeding

    Keluhan Pasien Terhadap Conjunctivital Bleeding

     “Tolong dok mata saya berdarah…”Inilah ekspresi pasien ketika datang, baik pada jam praktek maupun pada jam emergency atau diluar jam praktek dokter. Karena ini memang darurat atau emergency menurut si pasien tapi bisa berbeda dengan menurut medis.

    Pasien dengan keadaan mata seperti dalam gambar meskipun datang ke dokter umum tidak ada yang perlu dikawatirkan ASALKAN PENYEBABNYA JELAS & TIDAK DISERTAI KELAINAN LAIN.

    Yang perlu ditanyakan adalah faktor risiko kelainan ini, diantaranya antara lain riwayat hipertensi, trauma baik terpukul atau mengucek mata terlalu keras, sakit batuk, mengejan atau penyakit darah yang lain. Tetapi bisa juga kelainan ini terjadi secara spontan.

    Biasanya kelainan ini akan hilang sendiri dalam waktu 7-14 hari tergantung luasnya perdarahan yang terjadi. Biasanya dokter akan memberikan obat tetes mata antibiotika untuk memcegah terjadinya infeksi dan vasokonstriktor yaitu untuk mengecilkan pembuluh darah supaya tidak melebar perdarahan yang terjadi BILA PERLU.

    Kalaupun diberikan obat yg terakhir ini hanya diberikan beberapa hari saja dikarenakan bila pembuluh darah mengecil tentu saja luas penyerapan darah yg terjadi juga berkurang sehingga penyerapannya juga akan memakan waktu lebih lama. Terkadang juga diberikan obat tetes penyegar untuk memberi kenyamanan pada mata pasien.

     

    KEEP YOUR EYES HEALTHY…

    Dikutip dari Tulisan Dr. Laksono B. Sasmito, SpM

     

    Leave a reply →