• Kesehatan Mata Anak atau Bayi yang Baru Lahir

    Kesehatan Mata Anak atau Bayi yang Baru Lahir

    Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Mata Anak atau Bayi yang Baru Lahir

    Mata merupakan jendela hati. Begitu pepatah yang sering diucapkan. Kesehatan mata menjadi sangat penting karena fungsi mata sebagai organ penglihatan yang sangat vital.

    Agar mata tetap sehat, harus dilakukan perawatan sejak dini. Sejak masih anak-anak bahkan bayi, dengan cara memperhatikan jenis makanan yang dimakan. Berikut ini 6 jenis makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mata anak atau bayi yang baru lahir.

    #1 Ikan

    Ikan dapat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, ikan ternyata juga dapat mencegah mata kering, degenerasi makula, dan katarak. Anda dapat memberikan ikan yang kaya asam lemak omega untuk anak. Misalnya ikan salmon, tuna, dan makarel.

    #2 Wortel

    Sumber vitamin A terbaik adalah wortel. Kandungan betakaroten dan karotenoid A pada wortel berguna debagai antioksidan yang menghilangkan radikal bebas yang merusak sel-sel mata.

    #3 Alpukat

    Salah satu jenis buah yang kaya vitamin A adalah alpukat. Buah yang manis dan bertekstur lembut ini mengandung banyak lutein. Lutein merupakan zat yang penting untuk pencegahan degenerasi makala dan katarak.

    #4 Telur

    Salah satu manfaat makan telur adalah untuk kesehatan mata. Telur mengandung senyawa antioksidan berupa lutein. Luitein dan Zeaxanthin yang terdapat pada kuning telur akan membantu pembentukan retina.

    #5 Kacang

    Segala jenis kacang-kacangan seperti kenari dan almond, mengandung lemak omega 3 dan vitamin E. Keduanya juga dapat melindungi kesehatan mata. Kacang-kacangan tersebut dapat diolah menjadi bubur atau campuran makanan lainnya.

    #6 Brokoli

    Brokoli memiliki banyak zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan dalam brokoli antara lain betakaroten, vitamin, asam folat, dan banyak antioksidan.

    Oleh karena itu, brokoli dapat mencegah rabun jauh. Anda dapat memasak brokoli menjadi sayuran kesukaan anak.

    Kesehatan mata sangat perlu dijaga. Akan tetapi, saat penyakit mata telanjur datang, apalagi dialami oleh anak-anak, segeralah periksakan ke dokter. Mintalah rujukan ke rumah sakit mata jika perlu.

    Salah satu rumah sakit mata terbaik saat ini adalah Rumah Sakit Mata SMEC. Awalnya, rumah sakit tersebut berpusat di Medan. Sekarang ini, cabangnya menyebar sampai ke Jakarta, Balikpapan, Samarinda, Kabanjahe, Manado, Malang, dan Pekanbaru. SMEC juga melayani pasien BPJS yang ingin berobat dan operasi mata gratis dengan mengikuti prosedur yang tepat.

    Baca Juga :

    Alur BPJS Kesehatan Operasi Mata
    Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi Komputer
    3 Penyakit Mata Pada Anak dan Cara Mengatasinya
    5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Ibu Hamil
    Penyebab Penyakit Mata Katarak

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply