• Penyebab Nyctalopia atau Rabun Senja

    Penyebab Nyctalopia atau Rabun Senja

    Kebutaan malam, juga dikenal sebagai nyctalopia atau rabun senja, adalah ketidak mampuan melihat dengna jelas di malam hari atau dalam cahaya redup. Ini adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada mata.

    Retina mata terdiri dari sel-sel batang dan sel-sel kerucut. Kita bisa melihat dalam pencahayaan yang buruk dengan bantuan sel-sel batang yang ada di bagian luar retina, karena sel-sel batang dapat berfungsi dengan baik dalam pencahayaan kurang. Sel batang sekitar 100 kali lebih sensitif terhadap cahaya daripada sel kerucut. Gangguan dari sel batang dapat menyebabkan masalah rabun senja.

    Beberapa penyebab rabun senja, yaitu :

    Defisiensi retinol (vitamin A) adalah salah satu penyebab utama gangguan pada retina. Kelangkaan vitamin A dapat membuat mata sangat kering dan dapat menyebabkan rabun senja
    Penyakit kronis seperti diabetes dapat mempengaruhi penglihatan. Diabetes yang parah dapat menyebabkan kebutaan, bahkan kebutaan total
    Katarak yang terlihat seperti daerah berawan pada lensa mata bisa menyebabkan rabun senja
    Stres berlebihan, kecemasan atau takut kegelapan dapat menyebabkan masalah penglihatan seperti nyctalopia
    Miopi atau rabun jauh juga dapat menyebabkan rabun senja

    Pengobatan rabun senja tergantung pada penyebab dan tingkat keparahannya. Namun beberapa pengobatan yang umum, seperti :

    Operasi katarak
    Menghentikan konsumsi obat glaukoma dan menggantinya dengan yang lain
    Untuk rabun jauh dapat konsultasi lebih lanjut dengan dokter mata
    Mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A

    Seorang dokter mata dapat memeriksa mata secara menyeluruh dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi masalah penglihatan. Itulah mengapa rutin melakukan perawatan mata menjadi jalan terbaik untuk Anda menjaga kesehatan mata Anda.

    Rumah sakit SMEC menjadi solusi bagi Anda, dengan fasilitas yang terbaik serta para dokter ahli, membuat Anda tidak perlu khawatir akan kualitas. Rumah Sakit Mata SMEC bisa Anda jumpai di Medan dan beberapa cabangnya di kota-kota besar lainnya seperti, Balikpapan, Pekanbaru, Kabanjahe, Samarinda, Jakarta, Manado dan Malang. Mari cari tahu lebih lanjut apa itu rabun senja, dan apakah Anda termasuk ke dalamnya?

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply