• Penyebab Penyakit Mata Katarak

    Penyebab Penyakit Mata Katarak

    Waspadai 4 Penyebab Penyakit Mata Katarak sebelum Terlambat

    Apakah penglihatan Anda sering buram? Mungkin, itu salah satu dari gejala penyakit mata katarak. Hati-hati; siapa pun bisa terserang, bahkan yang berusia muda, Hindari Penyebab Penyakit Mata Katarak mulai saat ini.

    Munculnya katarak ditandai dengan penebalan senyawa protein tertentu di belakang iris. Rumpun ini menghalangi lensa dalam memfokuskan cahaya. Akibatnya, gambar yang tertangkap tidak bisa diteruskan ke retina. Karena itulah, penglihatan mata mulai memudar. Bahkan, bisa mengalami kebutaan.

    Terlepas dari usia, empat hal di bawah ini menjadi pemicunya. Bagaimana penurunan kesehatan mata bisa terjadi? Simak ulasan berikut!

    #1 Paparan Radiasi

    Lebih dari 90% radiasi disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV). Jika mata berinteraksi dengan sinar UV dalam waktu lama, bisa berakibat fatal. Salah satunya terkena penyakit katarak.

    Selain sinar UV, radiasi dari cahaya di layar gadget pun bisa menjadi pemicu. Mata yang terlalu lama menatap screen ponsel, berpotensi mengidap katarak. Awalnya, hanya buram; lambat laun lensa mata semakin mengeruh.

    #2 Rokok dan Alkohol

    Unsur utama dalam lensa mata adalah protein. Ketika terpapar sinar ultraviolet dan radikal bebas, senyawa ini akan menggumpal. Gumpalan tersebut menghalau cahaya yang seharusnya sampai ke retina.

    Nah, rokok dan alkohol merupakan penghasil zat kimia beracun dan bersifat radikal bebas. Akibatnya, reaksi oksidasi semakin meningkat sehingga membuat antioksidan harus bekerja ekstra. Inilah yang menyebabkan penipisan antioksidan. Lambat laun, organ-organ melemah, termasuk lensa mata.

    #3Peningkatan Gula Darah

    Peningkatan glukosa (gula darah) mengakibatkan suplai berlebihan ke dalam lensa mata. Hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan sehingga menghalangi cahaya ke retina. Tak mengherankan, banyak penderita diabetes terkena penyakit mata katarak. Pasalnya, mereka memiliki kadar gula darah yang tinggi.

    #4 Efek Samping Penggunaan Obat

    Siapa sangka, pemakaian obat kimia tertentu menjadi salah satu pemicu katarak pada mata. Salah satunya adalah jenis kortikosteroid. Fungsi obat tersebut untuk menyembuhkan pembengkakan, alergi, atau gatal-gatal. Namun, penggunaan jangka panjang bisa mengakibatkan risiko gangguan penglihatan. Karena itulah, perlu resep dari dokter jika ingin mengonsumsinya.

    Itulah empat penyebab utama penyakit katarak pada mata. Untuk mengobatinya, Anda bisa datang ke Rumah Sakit Mata SMEC yang cabangnya tersebar di seluruh Indonesia. Silakan klik link www.rsmatasmec.com/cabang untuk mengetahui lokasi terdekat.Pusat rumah sakit itu terdapat di Jalan Iskandar Muda, Kota Medan, Sumatera Utara. Soal penanganan, sangat mumpuni dengan mengandalkan para dokter mata di Medan.

    Lalu, bagaimana jika biaya operasi mata di Medan mahal? Tenang saja karena Rumah Sakit SMEC menerima pasien BPJS. Lembaga tersebut menjamin kesehatan rakyat Indonesia yang bertanggung jawab secara langsung kepada Presiden RI.

    Baca Juga :

    Alur BPJS Kesehatan Operasi Mata
    Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi Komputer
    3 Penyakit Mata Pada Anak dan Cara Mengatasinya
    5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Ibu Hamil

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply