• Pilih Kaca Mata Sesuai Aktifitas

    Pilih Kaca Mata Sesuai Aktifitas

    Anda pemakai kaca mata ada baiknya juga memilih atau memakai jenis lensa kacamata yang nyaman serta enak dipandang.kini kacamata bukan lagi sebagai kebutuhan untuk pengobatan semata,tetapi kadangkala sebagai kosmetik atau aksesoris dan gaya hidup.

    Ada beberapa macam bahan lenca kacamata.lensa itu ada yang terbuat dari kaca,plastik dan terbuat dari polikarbonat. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Lensa kaca,memiliki kelebihan mudah dalam perawatannya dan tahan terhadap goresan. Sedangkan kekurangannya lebih berat dan kalu jatuh bisa pecah serta tidak bewarna .

    Lensa yang terbuat dari plastik,ringan dan tidak mudah pecah tetapi berwarna .kekurangan dari lensa plastik gampang tergores,perawatannya harus lebih apik. Lensa plastik ini pertama kali dipernalkan pada tahun 1947,Armor Lite Lens Company di California.

    Lensa terbuat dari polimer plastik ini disebut CR-39,kepanjangan “Columbia Resin 39”, karena itu perumusan ke-39 dari thermal-cure plastic dikembangkan oleh PPG industries diawal tahun 1940-an.
    Karena bobot dan biayanya ringan serta kualitas optiknya sangat baik,hingga saat ini plastik CR_39 tetap menjadi bahan yang populer untuk lensa kacamata.

    Kalau lensa terbuat dari polikarbonat memiliki kelebihannya lebih tahan terhadap goresan dan benturan dibandingkan dengan lensa plastik “sebenarnya,lensa plastik dan polikarbonat bisa ditambah anti radiasi dan ultraviolet” jelasnya pada mata.

    Lensa polikarbonat pertama kali dipernalkan sekitar tahun 1970-an oleh gentex corporation sebagai kacamata keselamatan pertama. kemudian pada dekade 80-an lensa ini menjadi populer, hingga saat ini.lensa jenis ini awalnya dikembangkan sebagai alat bantu penglihatan helm angkatan udara dan sebagai kaca anti peluru bagi bank dan aplikasi keamanan lainnya.lebih ringan dan menjadi bahan pilihan bagi kacamata anak-anak,kaca mata keselamatan dan kacamata olahraga.

    Lensa kacamata ringan lebih baru dengan sifat tahan benturan sama seperti karbonat disebut trivex (PPG Industies) yang diperkenalkan pada tahun 2001 .keunggulan visual yang ditawarkannya nilai abbe (koreksi penglihatan) yang lebih tinggi.

    High index plastic lens, lensa ini lebih tipis,lebih ringan dari lensa plastikcr-39 karena meemiliki bias lebih tinggi dan juga memiliki berat jenis ini lebih rendah. Diperkenalkan sekitar 20 tahun terakhir .

    Asperic lens,lensa kacamata ini tidak seperti lensa kacamata pada umumnya,berbenttuk bulat.lensa asperik memiliki perbedaan derajat kelengkungan dipermukaannya yang memungkinkan lensa menjadi tipis dan datar dari lensa lainnya.ini juga menciptakan lensa kacamata dengan kegunaan yang lebih beragam daripada lensa standar.

    Photocromic lens ,lensa kacamata ini bisa dibuat dari kaca atau plastik .kacamata saat terkena sinar matahari dari bening menjadi gelap .macam lensa lainnya yaitu polarized sunglasses, cahaya yang dipantulkan dari air atau permukaan datar dapat menyebabkan silau yang tidak tidak diinginkan . lensa terpopulasi mengurangi silau dan berguna untuk olahraga dan mengemudi.

    Berbagai macam bahan lensa kini sudah tersedia,tinggal keinginan si pemakai saja mau memakai lensa bahan apa.

    Sumber :Majalah Mata Media Informasi kesehatan Mata Edisi NO.16/2016

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply