• Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi Komputer

    Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi Komputer

    Pekerja kantoran yang menghabiskan banyak waktu di depan komputer, sebaiknya berhati-hati terhadap bahaya radiasi dari barang elektronik yang satu ini. Berdasarkan penelitian, hampir 90 persen pengguna komputer aktif menderita lelah dan berkedut sehingga berujung pada penurunan produktivitas kerja.

    Semua komputer memancarkan medan elektromagnetik pada banyak frekuensi berbeda. Cahaya yang dihasilkan monitor komputer sepertisinar ultraviolet dan sinar X sangat sulit diuraikan dan membuat otot mata menjadi cepat lelah.

    Radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh layar komputer atau laptop dapat menyebabkan mata mengalami kelelahan dan juga gangguan mata yang lainnya. Akibat lain terlalu lama duduk di depan komputer adalah sakit kepala / pusing, sakit leher dan pinggang, bahu pegal dan masih banyak yang lainnya. Namun jika kegiatan anda sehari-hari adalah di depan layar monitor komputer anda perlu melakukan beberapa tips di bawah ini agar aspek-aspek kesehatan tubuh anda dan juga mata anda senantiasa terjaga.

    Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata Anda dari pengaruh buruk radiasi komputer.

    1. Mengatur Jarak Pandang

    Seringkali pengguna komputer ingin berada sedekat mungkin dengan monitor. Padahal arak ideal antara mata dan komputer yang disarankan adalah sekitar 30-50 cm. Jangan pula terlalu jauh dengan komputer karena akan memaksa otot mata bekerja lebih keras.

    1. Atur Pencahayaan

    Untuk meminimalkan pengaruh radiasi aturlah pencahayaan di layar dengan komponen cahaya tempat Anda bekerja. Pastikan mata Anda merasa nyaman saat bekerja menggunakan komputer.

    1. Mengistirahatkan Mata

    Semakin lama mata terbuka, kornea akan mengalami dehidrasi sehingga mata terasapanas bahkan sakit. Sesekali alihkan pula pandangan mata dari monitor dan fokus pada objek lain yang jauh. Atau berkediplah untuk mengurangi dehidrasi mata.

    1. Gunakan Screen Protector

    Usahakan untuk memasang Screen Protector untuk mengurangi pancaran radiasi dari layar monitor ke mata anda, sehingga tidak cepat membuat mata anda kelelahan saat melihat layar monitor.

    1. Alihkan Pandangan

    Saat menatap monitor mata anda hanya akan tertuju pada satu objek saja yaitu monitor. Usahakanlah anda mengalihkan pandangan anda sejenak saja dari monitor, pandanglah pemandangan sekitar anda terutama pepohonan hijau jika ada. Hal ini dilakukan agar mata anda tidak cepat lelah juga, dan juga dapat mengusir pusing yang hinggap di kepala.

    1. Konsumsi Buah dan Sayur

    Buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin A sangat bagus dan baik bagi kesehatan mata anda, perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur agar anda tidak kekurangan vitamin A sehingga anda tidak memiliki gangguan mata nantinya.

    1. Periksa Mata

    Agar anda tahu bagaimana kondisi mata anda jangan sampai lupa untuk melakukan pengecekan mata (check up) dan konsultasi kepada dokter spesialis mata. Usahakanlah setiap 3 bulan sekali anda memeriksakan kondisi mata anda, jika suatu saat  anda mempunyai keluhan maka akan segera mendapat penanganan yang tepat dari ahlinya.

    Selain melakukan tips-tips diatas, Anda juga harus melakukan pemeriksaan mata berkala untuk memelihara kesehatan mata. Salah satu tempat pemeriksaan mata yang direkomendaskan adalah rumah sakit mata SMEC.

    Rumah sakit yang awalnya berdiri di Medan ini terkenal dengan fasilitasnya yang lengkap dan nyaman. Para dokter mata di Medan yang terbaik juga bekerja di sini jadi Anda tak perlu khawatir soal kualitas. Karena fasiltas yang memadai, para pengidap penyakit mata silindris atau rabun jauh yang ingin menghilangkan ketidaksempurnaan itu secara permanen, dapat melakukan operasi mata di Medan.

    Bagi yang berada di luar Medan, tak perlu khawatir karena SMEC telah memperluas jaringan dengan membuka cabang di beberapa kota seperti Balikpapan, Pekanbaru, Kabanjahe, Samarinda, Jakarta, Manado, Malang, dan Semarang. Biaya pengobatannya pun terjangkau bagi mereka yang berasal dari kelas menengajh. Hal tersebut karena seluruh rumah sakit SMEC di Indonesia menerima pasien pengguna BPJS. Radiasi komputer memang tak dapat dicegah tapi dengan menjalani tips-tips diatas, Anda dapat meminimalkan risikonya.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply