Masalah Mata Alergi Mata Anak

Pernahkah anak Anda mengeluhkan rasa gatal di mata mereka? Atau mungkin keluhan tidak terdengar, tapi Anda sering mendapati mereka sering mengucek mata. Kondisi tersebut kadang tidak disadari orangtua, namun ada baiknya Anda mulai memerhatikan kondisi mata si kecil. Mata gatal biasanya menjadi indikator alergi mata, dan seperti alergi pada bagian tubuh lainnya, alergi mata dapat dipicu oleh makanan, debu, obat-obatan tertentu, AC, perubahan cuaca, bulu binatang, bahkan sinar matahari.

Ketika anak memiliki reaksi alergi pada mata, kondisi tersebut adalah hasil dari respons sistem kekebalan tubuh yang berlebih. Sistem kekebalan tubuh diprogram untuk menangkal penyakit. Walaupun demikian, ada kalanya sistem ini mengeluarkan reaksi berlebihan terhadap zat asing yang masuk ke mata, misalnya debu yang dianggap sebagai serangan parasit, virus, atau bakteri. Untuk melawannya, sistem imun tubuh memproduksi secara berlebih protein pelindung yang disebut antibodi. Produksi yang berlebihan ini menyebabkan pembengkakan pada mata, sehingga mata menjadi merah dan disertai rasa gatal pada mata si kecil.

Salah satu bentuk alergi pada mata anak adalah konjungtivitis, yang umumnya disebabkan karena adanya peradangan di konjungtiva, atau lapisan jaringan tipis yang menutupi bola mata dan permukaan bagian dalam kelopak mata. Konjungtivitis vernalis  adalah salah satu bentuk dari konjungtivitis yang disebabkan oleh faktor penyakit alergi, sering ditemukan pada pasien yang berusia antara 5-15 tahun.

“Saat mata anak terkena alergi, Anda bisa memberikan pertolongan pertama di rumah dengan cara mengompres matanya dengan air dingin,” tutur dokter Dr. D.A.N. Candra Sari, SpM, ditambahkan pula oleh beliau “Cara terbaik adalah dengan memeriksakan mata mereka ke dokter spesialis mata, agar penyebab alergi pada mata anak bisa segera diketahui dan bisa segera diberikan penanganan terbaik”.

Setelah pemeriksaan biasanya dokter akan memberikan obat tetes yang sesuai dengan kondisi mata anak. Untuk pemeriksaan tajam penglihatan mata pada anak sebaiknya tidak dilakukan ketika terkena alergi. Yang paling baik adalah melakukan pemeriksaan mata sejak anak lahir, dan selanjutnya sekali sebelum anak memasuki usia sekolah.