Masalah Mata Glukoma

Glaukoma adalah salah satu jenis penyakit mata dengan gejala yang tidak langsung, yang secara bertahap menyebabkan penglihatan semakin lama akan semakin berkurang sehingga akhirnya mata akan menjadi buta.

Penderita glaukoma akan mengalami keluhan penyempitan lapang pandang yang semakin lama semakin sempit, dan pada akhirnya mengalami kebutaan total. “Penderita glaukoma tidak merasa nyeri atau mata merah kecuali dalam keadaan akut, mereka juga tidak menyadari bahwa sebenarnya menderita glaukoma. Inilah sebabnya glaukoma juga dikenal sebagai ‘Sang Pencuri Penglihatan’. Sebetulnya, bila dideteksi secara cepat, kebutaan total pada penderita glaukoma bisa dicegah.

Glaukoma bisa menyerang kedua mata. Pada fase awal penglihatan penderita masih jelas/terang, tetapi lapang pandang mulai menyempit. Penderita tidak merasakan nyeri atau merah kecuali dalam keadaan akut. Kondisi inilah yang perlu diwaspadai, karena ini adalah tanda untuk segera memeriksakan diri.

Walaupun glaukoma bisa menyerang siapapun, ada beberapa orang yang lebih beresiko tinggi untuk terkena glaukoma, biasanya mereka yang berusia di atas 40 tahun, memiliki keturunan penderita glaukoma, memiliki riwayat darah tinggi atau stroke atau memiliki tekanan bola mata yang tinggi, pemakai obat-obatan steroid dalam jangka waktu lama juga beresiko untuk terjangkit glaukoma.

Segeralah  periksakan mata apabila Anda dan keluarga termasuk ke dalam orang-orang yang beresiko tinggi untuk terkena glaukoma.

masalah-mata-glukoma---rumah-sakit-mata-smec_